Beberapa Tips Memasak Gulai Supaya Rasanya Enak serta Beraroma Harum

Banyak dari kita yang mengolah daging kambing jadi sate serta gulai. Melainkan terbukti, membikin gulai yang beraroma lezat serta berempah, bukanlah perkara gampang. Terdapat beberapa rempah yang patut traveler gunakan saat memasak gulai, tergantung dari daerah masing-masing.

Ketika datang ke Sumatera, pekak , kapulaga, serta jintan pasti menjadi aromatik di dalam gulai. Saat di Jawa, yang masyarakatnya lebih menyenangi masakan yang ringan, maka rempah tadi bisa jadi dihilangkan. Melainkan alhasil, toh, konsisten nikmat.

Dari hasil racikan yang berbeda tadi, maka lahirlah gulai yang warnanya berbeda. Ada yang kuning cerah, kuning kemerahan, kuning kehitaman, atau hijau. Semua dengan nama gulai serta seluruh tetap nikmat. Dari segi isi, gulai yang awalnya berisi daging sapi atau daging kambing, kemudian jadi berkembang. Simak juga informasi mengenai resep kuliner seperti resep masakan daging disini.

Bila membagi gulai berdasar tipe isinya, kita pasti bisa membikin lebih dari 10 jenis. Untuk isi daging umpamanya, ada gulai iga, gulai otak, gulai itik, gulai cincang (daging yang dipotong kecil), gulai kepala ikan, gulai usus. Dari sayuran malahan dapat muncul gulai daun singkong, gulai cubadak (gulai nangka), dan gulai rebung.

Ini Lho Tips agar gulai lezat:

1. Rempah mutu prima
Ingat, gulai yang enak, bebauannya semestinya tajam dan harum. Karena itu rempah semestinya dilihat kualitasnya. Rempah yang kering seperti pekak, pala, serta cengkeh, sepatutnya benar-benar kering serta tersimpan di dalam wadah tertutup rapat. Pala yang tidak kering atau muda, lazimnya pahit rasanya.

2. Santan Kelapa Tua
Pakai kelapa yang tua supaya santan yang dihasilkan gurih rasanya. Lebih bagus membagi santan jadi dua komponen, encer serta kental. Santan yang encer diaplikasikan untuk merebus bahan makanan sehingga tidak pecah. Menjelang matang, baru masukkan santan yang kental.

3. Api kecil
Kelezatan gula bukan semata pada kuahnya, tetapi juga pada isinya sebab itu peresapan bumbu di dalam bahan isi sungguh-sungguh penting. Jangan pakai api yang besar agar makanan sempat meresapkan bumbu.

4. Rendam dalam Bumbu
Pada bahan makanan yang mudah hancur seperti ikan, rendam bumbu dahulu supaya walaupun waktu memasaknya tidak lama, bumbu konsisten meresap ke dalamnya.

5. Jangan banyak diaduk
Untuk gulai yang isinya bahan makanan gampang hancur seumpama ayam, ikan, atau tahu, pengadukannya jangan dilaksanakan terlalu kerap. Kecilkan saja api dan dan biarkan bumbu meresap secara pelan.